Informasi Mata Kuliah
- Judul Mata Kuliah: Aplikasi Desain Grafis
- Kode Mata Kuliah: 680KB2815
- Departemen: Manajemen Informatika
- SKS: 3 (2 Teori, 1 Praktikum)
- Semester: II
- Dosen Pengampu: M. Saad Nurul Ishlah, M.Comp.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mencakup prinsip dan praktik desain grafis dan multimedia, dengan fokus pada komunikasi visual, elemen desain, tipografi, konsep multimedia, dan perkembangan teknologi terkini di bidang ini. Figma akan digunakan sebagai alat utama untuk tugas dan proyek praktikum.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
- Menunjukkan sikap religius dan etika (CPL1)
- Bekerjasama dan menunjukkan kesadaran sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (CPL2)
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPL3)
- Bertanggung jawab atas pekerjaan mandiri di bidangnya (CPL4)
- Menunjukkan kejujuran, integritas, dan loyalitas dalam tindakan (CPL5)
- Menunjukkan kesadaran lingkungan (CPL6)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
- Memahami dan menjelaskan konsep komunikasi visual dalam desain grafis.
- Memahami dan menerapkan elemen visual dalam desain grafis.
- Mengembangkan ide menjadi konsep visual menggunakan prinsip-prinsip desain grafis.
- Mengetahui sejarah dan penerapan tipografi dalam desain grafis.
- Memahami jenis dan fungsi gambar dalam desain grafis.
- Mempertimbangkan berbagai aspek dalam proses desain.
- Memahami konsep multimedia dalam lingkup desain bisnis.
- Memahami tahapan pengembangan multimedia.
- Mengetahui perkembangan teknologi dalam desain multimedia, termasuk UI/UX, video grafis, animasi, VR, dan AR.
- Mengimplementasikan proyek desain untuk mendukung proses kreatif dan identitas perusahaan.
Topik Mingguan dan Tugas
Minggu | Topik | Capaian Pembelajaran (Sub-CPMK) | Kegiatan | Tugas |
---|---|---|---|---|
1 | Pengantar Komunikasi Visual dan Proses Desain Grafis | Sub-CPMK1 | Kuliah, Diskusi | N/A |
2 | Elemen Desain | Sub-CPMK2 | Kuliah, Diskusi | Menulis makalah tentang konsep desain |
3 | Prinsip Desain Grafis | Sub-CPMK3 | Kuliah, Diskusi | N/A |
4 | Sejarah dan Penerapan Tipografi | Sub-CPMK4 | Kuliah, Diskusi | Membuat contoh penerapan tipografi |
5 | Jenis dan Fungsi Gambar | Sub-CPMK5 | Kuliah, Diskusi | Kuis |
6 | Pertimbangan Desain | Sub-CPMK6 | Kuliah, Diskusi | Menulis makalah tentang pertimbangan desain |
7 | Pengantar Multimedia | Sub-CPMK7 | Kuliah, Diskusi | N/A |
8 | Ujian Tengah Semester | |||
9 | Tahapan Pengembangan Multimedia | Sub-CPMK8 | Kuliah, Diskusi | Proyek pengembangan multimedia |
10-13 | Perkembangan Teknologi dalam Desain Multimedia (UI/UX, Video Grafis, Animasi, VR, AR) | Sub-CPMK9 | Kuliah, Diskusi | N/A |
14-15 | Proyek Desain untuk Identitas Perusahaan | Sub-CPMK10 | Kuliah, Diskusi | Presentasi proyek desain |
16 | Ujian Akhir Semester |
Metode Penilaian
- Tugas dan Proyek: 40%
- Ujian Tengah Semester: 30%
- Ujian Akhir Semester: 30%
Bahan Bacaan
- Buku Utama:
- Sihombing, Danton. Tipografi dalam Desain Grafis. Gramedia.
- Mulyana, Iyan, Agung Prajuhana, Mohamad Iqbal Suriansyah. Desain Grafis dan Multimedia. FMIPA UNPAK.
- Bahan Tambahan: Bacaan tambahan dan sumber daya online akan disediakan selama mata kuliah berlangsung.
Alat
- Perangkat Lunak Desain: Figma
Kebijakan Mata Kuliah
- Kehadiran: Mahasiswa diharapkan hadir di semua kuliah dan sesi praktikum.
- Partisipasi: Partisipasi aktif dalam diskusi dan tugas sangat diharapkan.
- Batas Waktu Pengumpulan: Tugas harus dikumpulkan sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.
- Integritas Akademik: Mahasiswa harus mematuhi kebijakan integritas akademik, menghindari plagiarisme dan kecurangan.
Silabus ini menguraikan struktur mata kuliah, capaian pembelajaran, topik mingguan, metode penilaian, dan bahan yang dibutuhkan. Mahasiswa akan memperoleh keterampilan praktis menggunakan Figma dan memahami secara komprehensif konsep desain grafis dan multimedia.