Universitas Pakuan Goes to Google Apps bekerjasama dengan Google dalam menyediakan Layanan E-Mail

Universitas Pakuan Goes to Google Apps bekerjasama dengan Google dalam menyediakan Layanan E-Mail

Unpak - Universitas Pakuan telah bekerjasama dengan Google dalam menyediakan Layanan E-Mail. Layanan Email Unpak Google Apps Gmail ini dilandaskan pada ide bahwa email bisa lebih intuitif, efisien, dan berguna. Dan bahkan menyenangkan. Bagi Mahasiswa Baru Universitas Pakuan Tahun Akademik 2014-2015 telah diberikan akun (account) email institusi Universitas Pakuan (@unpak.ac.id). Semoga dengan adanya email ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa Universitas Pakuan.

E-mail singkatan dari Elektronic Mail yang artinya adalah Surat Elektronik. Di era informasi ini, akun email atau biasa kita sebut email, sangatlah penting bagi pengguna internet. Dengan menggunakan Email, kita hanya membutuhkan waktu sebentar agar dokumen yang dikirimkan sampai ke tujuan, dan tidak perlu menunggu berhari-hari seperti halnya mengirim dokumen biasa melalui kantor jasa pengiriman surat/dokumen (pos).

Tujuan mahasiswa dalam menggunakan fasilitas internet bermacam-macam. Banyak mahasiswa menggunakan internet untuk penelitian, atau mencari berita asing, tetapi yang populer adalah email. Email itu adalah surat menyurat secara elektronik dimana pesan yang dikirimkan akan sampai dalam waktu singkat. Pesan email tidak hanya berupa tulisan tetapi dapat disertai dengan file gambar, suara, animasi, dan lain-lain. Selain itu, email dapat dikirimkan kepada ratusan orang hanya dalam satu kali pengiriman. Makanya, email ini menjadi penting untuk komunikasi dalam zaman modern ini, dan terutama bagi para mahasiswa. Email fungsi dasarnya adalah untuk komunikasi jarak jauh. Bedanya dengan metode komunikasi lain, dengan email kita bisa mengirim gambar, foto, video, atau dokumen dengan cepat dan mudah. Sementara itu, penggunaan email dalam konten pendidikan antara lain diimplementasikan dalam pembuatan materi pembelajaran dan penyampaian materi sehingga mahasiswa dapat langsung mendapatkan materi kuliah dengan cara mendownloadnya.

Banyak manfaat dan kegunaan email di era global sekarang ini. Satu hal yang patut dicermati adalah email penting dalam proses pertukaran informasi, saling berkomunikasi, dan pengiriman dokumen penting. Dalam era internet atau informasi, keberadaan email tidak bisa dianggap remeh. Tanpa email, orang tak bisa berselancar di internet dengan mudah. Sekarang biaya akses internet secara selular dan berlangganan melalui provider di rumah semakin murah. Semua orang bisa mengakses informasi di manapun dan kapanpun.

Adanya email, orang lain dengan mudah dapat menghubungi anda di dunia maya. Anda dapat membukanya di mana saja dan kapan saja, asalkan terkoneksi dengan internet. Dari alamat email itulah anda bisa melakukan registrasi ke berbagai hal yang diperlukan, misalnya bila ingin mengakses ke website kompas, detik, membuat suatu akun social media seperti facebook, twitter dll maka anda harus melakukan proses registrasi terlebih dahulu dengan menggunakan akun email anda.

Dalam wikipedia dituliskan, Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960'an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan ‘mainframe‘ yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980'an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum.

* Bagi mahasiswa Universitas Pakuan untuk mendapatkan Akun email (@unpak.ac.id) : Info UNPAK Mail

 

  • SOCIAL SHARE :